RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
BAB SATU : ELASTISITAS
Sekolah : SMA ...................................
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : X / Genap
Kurikulum : 2013
A.
Alokasi Waktu : 1 x
45 menit
B.
Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
C.
Kompetensi Dasar :
1.1. Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan
yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik.
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi.
2.2. Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.6.
Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari - hari
4.6
Mengolah dan menganalisis hasil percobaan tentang sifat elastisitas
suatu bahan.
D.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Sikap
1. Menunjukkan perilaku ilmiah (rasa ingin tahu,
teliti) dalam melakukan percobaan.
Pengetahuan
1. Membedakan benda elastis dan benda tidak
elastis
2.
Mengelompokkan benda – benda ke dalam benda elastis dan benda tidak
elastis, berdasarkan pengamatan pada percobaan.
Keterampilan
§ Proses:
1. Mengamati perubahan yang terjadi pada bentuk suatu benda ketika dikenai gaya dan setelah gaya dihilangkan.
§ Psikomotor:
1.
Melakukan percobaan elastisitas bahan
E.
Tujuan Pembelajaran
Sikap
1.
Diberikan tugas melakukan percobaan tentang elastisitas bahan, siswa dapat
menunjukkan perilaku rasa ingin tahu dan teliti.
Pengetahuan
1. Diberikan suatu benda siswa dapat membedakan benda elastis dan benda tidak elastis melalui
percobaan.
2. Diberikan suatu benda siswa dapat mengelompokkan benda-benda ke dalam benda elastis dan
benda tidak elastis melalui percobaan.
Keterampilan
§ Proses:
1.
Diberikan suatu benda siswa dapat mengamati perubahan yang
terjadi pada bentuk dan ukuran benda ketika dikenai gaya dan setelah gaya
dihilangkan
§ Psikomotor :
1. Diberikan suatu benda siswa dapat melakukan percobaan elastisitas bahan
F.
Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
Fakta: Benda plastis
dan elastis
Konsep: Stress, Strain,
Modulus Elastisitas
Prinsip: Sifat benda elastis
G.
Metode Pembelajaran
Model : Direct Instruction.
Metode : Demonstrasi,percobaan, diskusi kelompok dan tanya jawab
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan:
|
KEGIATAN BELAJAR
|
WAKTU
|
KET
|
|
Mengamati
1. Guru memotivasi siswa dengan menunjukkan benda yang mempunyai sifat elastis.
2. Guru memeragakan benda yang mempunyai sifat elastis
3. Guru mendemonstrasikan pengaruh
gaya terhadap perubahan panjang pentil.
Menanya
1. Guru menanyakan dari benda tersebut,
apa yang terjadi apabila benda
tersebut diberi beban/gaya
a. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
b. Guru menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari
|
15’
|
|
Inti :
|
KEGIATAN BELAJAR
|
WAKTU
|
KET
|
|
Guru membentuk kelompok kecil yang beranggotakan
5-6 orang kemudian guru memberikan bahan-bahan percobaan.
Eksperimen/Eksplorasi
1. Melakukan
pengamatan dari bermaca-macam benda yang sudah disediakan.
2. Melakukan
percobaan kemudian menggolongkan benda dalam kelompok benda elastis dan
plastis
Mengasosiasi
1.
Mengolah data percobaan ke dalam tabel, mengelompokkan
benda dan membandingkan hasil percobaan antara benda tersebut.
Mengomunikasikan
1.
Menyampaikan /mempresentasikan hasil
penugasan
2.
Membuat resume hasil percobaan
|
20’
|
|
Penutup:
|
KEGIATAN BELAJAR
|
WAKTU
|
KET
|
|
Guru menutup pelajaran dengan:
a. Membuat rangkuman bersama siswa tentang sifat elastisitas bahan
b. Guru memberi reviu dengan menunjukkan sebuah benda tentang sifat
elastisitas benda tersebut dan memberikan tugas tambahan tentang sifat
elastisitas.
c. Menjelaskan rencana pertemuan berikutnya.
|
10’
|
|
I.
Media Pembelajaran
1. Benda benda nyata (karet, kertas,
plastisin, pentil, kayu, sedotan, plastic dan jarum)
2. LKS percobaan
J.
Sumber Belajar
1.
PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C. Giancoli – 6th
ed. Pearson Prentice Hall
2.
FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
3.
Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
4.
e-dukasi.net
5.
Fisika SMA Jilid 1, penerbit Erlangga
LAMPIRAN LEMBAR KEGIATAN SISWA ( sifat elastis
bahan )
A. Dialam semesta banyak ragam benda yang mempunya sifat yang berbeda-beda.
Itu semua karena kebesaran tuhan. Ada benda yang bersifat elastis ada yang
plastis. Dari percobaan ini anda mampu membedakan benda bersifat elastis dan
plastis
B. Alat
dan bahan :
· Kertas
· Karet
· Plastisin
· Kayu
· Jarum
· Plastik
· sedotan
C. Kegiatan / Langkah kerja
1. Lakukan pengamatan pada bahan satu persatu
2. Ukur panjang mula-mula benda ( Lo )
3. Berikan gaya pada benda tersebut (misalkan
dengan menariknya)
4. Amati Ada Perubahanpanjang/bentuk apa tidak
dengan memberi centang pada tabel .
5. Ulangi kegiatan di atas pada tiap bahan
6. Tuliskan hasil pengamatan pada tabel yang tersedia
Tabel. 1 ( Untuk pengamatan panjang benda tetap)
|
No
|
Nama bahan
|
Ukuran/bentuk
mula mula benda
|
Ada Perubahan
bentuk/ukuran
|
Tidak ada perbahan
panjang/bentuk
|
|
1
|
Karet
|
|
|
|
|
2
|
Kayu
|
|
|
|
|
3
|
Jarum
|
|
|
|
|
4
|
Kertas
|
|
|
|
|
5
|
Plastik
|
|
|
|
|
6
|
Sedotan
|
|
|
|
|
7
|
Plastisin
|
|
|
|
D.
Jawablah
pertanyaan berikut
1.
Benda yang
mengalami perubahan panjang atau bentuk apabila diberi beban
namanya……………………….dan apabila beban dihilangkan bentuknya akan kembali semula
2.
Benda yang
tidak mengalami perubahan panjang atau bentuk apabila diberi gaya namanya………..
3.
Apa yang
dimaksud dengan elastisitas?
4.
Apa yang
dimaksud dengan benda plastis?
5. Simpulkan
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
Sekolah : SMA .................................
Kelas
/ Semester : X/ Genap
|
Nomor Absen
|
NAMA
|
Sikap Sosial
|
Sikap Spritual
|
Rata – rata Skor
|
||||
|
Rasa ingin tahu
|
Jujur
|
Disiplin
|
Kritis
|
Meminati proses pembelajaran
|
Memprakarsai pemberian contoh
|
|||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Rubrik :
RUBRIK
RASA INGIN TAHU
Kriteria
Banyak
bekerja, merespon pertanyaan guru, menyumbangkan pendapat, aktif bertanya (skor 4)
Tidak ada 1 poin dari kriteria pertama (skor 3)
Tidak ada 2 poin dari kriteria pertama (skor 2)
Tidak ada 3 poin dari kriteria pertama (skor 1)
RUBRIK
JUJUR
Kriteria
Tidak
mencontek, tidak berbohong, tidak mengubah data, tidak mencuri (skor 4)
Tidak ada 1 poin dari kriteria pertama (skor 3)
Tidak ada 2 poin dari kriteria pertama (skor 2)
Tidak ada 3 poin dari kriteria pertama (skor 1)
RUBRIK
KEDISIPLINAN
Kriteria
Tidak
terlambat masuk kelas, mengumpulkan tugas tepat waktu, mengikuti alur prosedur
praktikum, serius. (skor 4)
Tidak ada 1 poin dari kriteria pertama (skor 3)
Tidak ada 2 poin dari kriteria pertama (skor 2)
Tidak ada 3 poin dari kriteria pertama (skor 1)
RUBRIK
KRITIS
Kriteria
Bertanya,
menyanggah, menanggapi, dan memberikan solusi (skor 4)
Tidak ada 1 poin dari kriteria pertama (skor 3)
Tidak ada 1 poin dari kriteria pertama (skor 2)
Tidak ada 1 poin dari kriteria pertama (skor 1)
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN PSIKOMOTOR
Sekolah :
SMA Negeri Syifaul Qolby Sampang
Kelas / Semester :
X / Genap
|
No
|
Nama Siswa
|
keterampilan
|
Skor Total
|
|||
|
Menganalisis
Bahan
|
Mengelompokkan
bahan
|
Ketepatan
Mengukur
|
Mencatat Data
|
|||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor :
1
= tidak memenuhi
2
= Cukup memenuhi
3
= memenuhi
4
= Sangat memenuhi
LEMBAR
PENILAIAN PROSES
Sekolah :
SMA.......................................
Kelas /Semester :
X /Genap
|
NO
|
NAMA SISWA
|
Menjawab masalah pada LKS
|
Waktu menyelesaikan tugas
|
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN PROSES
· Menjawab masalah pada LKS :
3 = Menjawab masalah dengan tepat.
2 = Menjawab masalah kurang tepat.
1 = Menjawab
masalah salah.
· waktu menyelesaikan tugas
:
3 = Menyelesaikan
masalah dengan tepat waktu.
2 = Menyelesaikan masalah tidak tepat waktu..
1 = Tidak dapat
menyelesaikan masalah .

terima kasih yaaaaaa...saya sangat membutuhkan contoh seperti ini untuk membandingkan dengan form smk...sangat menolong...thanks
BalasHapussama sama,
BalasHapussmga bermanfaat untuk semua.