Selasa, 01 Desember 2015

skripsi fisika tentang Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Menggunakan Media Powerpoint Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Di Kelas VIII MTs Mambaul Ulum Sampang (BABA 1)


Ingin tahu contoh pembuatan juranal skripsi,,,??? coba lihat disini,


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Ilmu pengetahuan alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip, tetapi merupakan proses penemuan. Melalui proses belajar IPA diharapkan siswa memahami fenomena yang terjadi di alam sekitar serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari menjadi suatu produk yang bermanfaat. Fisika merupakan salah satu cabang IPA yang mengkaji tentang fenomena alam dan memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan sains dan teknologi serta konsep hidup yang harmonis dengan alam (Wisma Tugu, 2008 : 445) dalam Hasnawati (2006 : 3).
1
Sampai saat ini setiap belajar IPA fisika, dalam benak siswa pasti yang akan dipelajari adalah rumus-rumus rumit serta hitungan yang memusingkan kepala. Hal ini menjadi momok menakutkan yang selalu menghantui setiap siswa pada pelajaran fisika. Sehingga penguasaan konsep fisika yang mereka peroleh hanyalah merupakan sesuatu yang abstrak, belum menyentuh kehidupan mereka secara langsung dilingkungannya maupun dimasyarakat. Ini akan berdampak besar pada hasil belajar siswa. Untuk itu perlu ditanamkan kepada siswa bahwa penekanan dalam belajar fisika adalah memahami konsep yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan. Namun pada kenyataannya bahwa sebagian besar siswa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pemanfaatannya dalam kehidupan nyata (Muslich, 2007 : 41) dalam Ana shofia (2011 : 6).
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru di MTs Mambaul Ulum Sampang, bahwa hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA fisika masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu masih dibawah nilai 70, hal ini terjadi karena : 1). Sistem pembelajaran yang menoton sehingga berdampak pada berkurangnya pemahaman konsep fisika siswa, dimana banyak sekali konsep fisika yang berhubungan dengan kehidupan nyata 2). Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, 3). Rendahnya antusias serta aktivitas siswa dalam kelas pada mata pelajaran fisika.
Untuk itu diperlukan strategi belajar baru yang lebih memberdayakan siswa. Sebuah strategi belajar yang tidak mengharuskan siswa menghafal fakta-fakta, tetapi sebuah strategi yang mendorong siswa mengkontruksikan pengetahuan dibenak mereka sendiri. Melalui landasan filosofi kontruktivisme, pendekatan contextual teaching and learning ini berfungsi sebagai wadah komunikasi untuk berbagi pengalaman dan gagasan. Siswa ditempatkan sebagai subjek belajar yang memiliki karakteristik, gaya belajar dan minat terhadap berbagai hal yang apabila digali potensinya akan dapat berkembang kreatif dan inovatif.
Pendekatan Contextual Teaching and Learning merupakan pendekatan belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat (Agus Suprijono, 2009 : 79-80) dalam Hasnawati (2006 : 25). Dengan konsep itu belajar diharapkan lebih bermakana bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa mengalami, bukan transfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa. Karena siswa perlu mengerti apa makna belajar, apa manfaatnya dalam status mereka dan bagaimana mencapainya. Dengan begitu mereka memposisikan sebagai diri sendiri yang memerlukan suatu bekal untuk hidupnya nanti.
Selain menggunakan pendekatan CTL, adapun penggunaan media pembelajaran juga sangat menunjang pada keefektifan dalam proses belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran yang dimaksud yaitu media powerpoint. Media Powerpoint dapat digunakan pada tahap penyajian materi pembelajaran, sehingga waktu yang digunakan untuk menyajikan materi dapat dipersingkat. Karena pendidik tidak perlu mencatat materi yang disajikan pada papan tulis. Powerpoint adalah salah satu software yang dirancang khusus untuk mampu menampilkan program multimedia dengan menarik, mudah dalam penggunaan dan relatif murah. Karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat penyimpanan data (data storage). Powerpoint dapat digunakan sebagai media pembelajaran. (Tejo Nurseto, 2011 : 31) dalam Fitri Nor Fauzah (2013 : 3).
Febri Munda Aji Qisthy (2012 : 5) dalam penelitiannya menunjukkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil dan efektifitas  belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Cilacap. Fitri Nor Fauzah (2013 : 68) dalam penelitiannya menunjukkan bahwa penggunaan media powerpoint terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kusdwiutomo (2008 : 113) dalam penelitiannya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh serta adanya interaksi antara pembelajaran fisika dengan media powerpoint disertai animasi, modul dilengkapi alat peraga dan kreativitas siswa. Penelitian lain oleh Rahmawati (2009 : 76) menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan terdapat perbedaan yang signifikan.          
Sesuai latar belakang masalah tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Menggunakan Media Powerpoint Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Di Kelas VIII MTs Mambaul Ulum Sampang“.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah:
1.    Adakah pengaruh yang signifikan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan media powerpoint terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa pada sub pokok Bunyi dan cepat rambat bunyi?.
2.    Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan menggunakan media powerpoint?.

1.3  Tujuan Penelitian
Dari rumusan permasalahan diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah:
1.    Mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan menggunakan media powerpoint terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
2.    Mengidentifikasi peningkatan hasil belajar fisika siswa setelah diterapkan pendekatan  Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan media powerpoint pada sub pokok bahasan bunyi dan cepat rambat bunyi di kelas VIII MTs Mambaul Ulum Sampang.

1.4 Manfaat Penelitian
Penulis berharap dari hasil penelitian ini dapat bermanfaat :
1.    Bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya pada pembelajaran fisika menggunakan pendekatan  Contectual Teaching  and Learning (CTL) dengan menggunakan media powerpoint.
2.    Bagi pendidik, penelitian ini dapat dijadikan masukan atau sumbangan pemikiran dalam pelaksanaan dan pengembangan kegiatan pembelajaran di sekolah.
3.    Bagi peserta didik, penelitian ini perhatian peserta didik terhadap mata pelajaran fisika meningkat sehingga peserta didik dapat lebih aktif dan kreatif lagi dikemudian hari.
4.    Bagi Peneliti, penelitian ini dapat menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman dalam melaksanakan pendekatan pembelajaran yang berpengaruh pada hasil belajar siswa.

1.5  Hipotesis Penelitian
Hipotesis adalah suatu jawaban yang bersifat sementara terhadap permasalahan penelitian, sampai terbukti melalui data yang terkumpul. (Arikunto, 2010). Berdasarkan pendapat di atas, dalam penelitian ini penulis mempunyai hipotesis bahwa:
Ha = Ada pengaruh yang signifikan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan media powerpoint terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa di kelas VIII MTs Mambaul Ulum sampang.
Ho = Tidak ada pengaruh yang signifikan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan media powerpoint terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa di kelas VIII MTs Mambaul Ulum sampang.
1.6    Definisi Operasional
1.    Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang akan membantu dalam mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif, yaitu: Konstruktivisme (Contructivisme), bertanya (Questioning), menemukan (Inquiry), masyarakat belajar (Learning Community), pemodelan (Modeling), Refleksi (Reflection), dan penilaian sebenarnya (Authentic Assessment).
2.    Media Powerpoint adalah alat bantu presentasi yang digunakan untuk  menjelaskan suatu hal yang dirangkum dan dikemas dalam slide  powerpoint. Sehingga pembaca dapat lebih mudah memahami penjelasan kita melalui visualisasi yang terangkum di dalam slide.
3.    Peningkatan hasil belajar adalah adanya perubahan kemampuan yang lebih baik setelah dilaksanakan proses pembelajaran, yaitu dapat dilihat dari hasil pos test dikurangi hasil pretest.
4.    Pembelajaran konvensional yang dimaksud dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan metode atau sistem pembelajaran yang menoton dan tidak berkembang.
download gratis disini, BAB I

untuk melanjutkan ke bab selanjutnya, silahkan klik disini

0 komentar:

Posting Komentar